Abstrak Tahun 2008

Uji Efektifitas Ekstrak Kasar Senyawa Antibakteri pada Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) dengan Variasi Pelarut

Elok Kamilah Hayati, Lathifah QA , Akyunul Jannah

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelarut terbaik, golongan senyawa aktif antibakteri dan efektifitas ekstrak kasar buah belimbing wuluh sebagai antibakteri terhadap bakteri S. aureus dan E. coli. Pemisahan senyawa aktif antibakteri menggunakan metode maserasi dengan variasi 5 pelarut yang berbeda kepolarannya yaitu akuades, metanol, etanol, kloroform dan petroleum eter. Pengujian golongan senyawa aktif antibakteri dilakukan dengan metode tabung Uji efektifitas antibakteri dilakukan terhadap bakteri S. aureus dan E. coli menggunakan metode difusi cakram dengan konsentrasi ekstrak 100, 150, 200, 250, 300, 350, 400 dan 450 mg/mL. Identifikasi gugus fungsi senyawa aktif antibakteri menggunakan spektrofotometer FTIR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etanol merupakan pelarut terbaik untuk memperoleh ekstrak kasar senyawa antibakteri pada buah belimbing wuluh. Hasil uji golongan senyawa aktif antibakteri menunjukkan bahwa dalam ekstrak terbaik buah belimbing wuluh terkandung golongan senyawa flavonoid dan triterpenoid, hal ini didukung oleh adanya gugus O-H, C=O, C=C, CH, C-OH, cincin aromatik tersubstitusi dan C-O dari alkohol sekunder. Ekstrak kasar buah belimbing berpotensi sebagai antibakteri terhadap bakteri S. aureus dan E. coli,. Konsentrasi ekstrak 300, 350, 400 dan 450 mg/mL berpengaruh sangat nyata (p < 0,01) di antara konsentrasi lain.

Kata kunci : belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.), antibakteri, ektraksi maserasi.

(Di presentasikan dalam Seminar Nasional Pendidikan, Jurusan Biologi UIN Malang,tanggal 15 November 2008 di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang)

*******************

Uji Efektifitas Antimikroba Senyawa Saponin dari Batang Tanaman Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L.)

Maria Faradisa, Himmatul Barroroh, Elok Kamilah Hayati

ABSTRAK

Tumbuhan belimbing wuluh (averrhoa bilimbi linn) merupakan tumbuhan obat. Di dalam batangnya mengandung senyawa saponin yang mempunyai manfaat sebagai spermisida (obat kontrasepsi laki-laki); antimikrobia, anti peradangan, dan aktivitas sitotoksik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas antimikroba dari ekstrak saponin dalam batang belimbing wuluh. Isolasi senyawa saponin dilakukan dengan metode ekstraksi bertahap menggunakan metanol, dietil eter dan n-butanol. Ekstrak yang diperoleh diuji secara kualitatif dengan uji busa, dianalisis dengan spektrofotometer FTIR dan diuji efektifitas antimikroba terhadap bakteri s. aureus dan bakteri e. coli dengan metode difusi cakram. Dari uji kualitatif dengan uji busa yang memberikan tinggi busa 1 cm menunjukkan bahwa batang belimbing wuluh mengandung senyawa saponin. Kadar ekstrak kasar dari proses ekstraksi diperoleh 0,35 % b/b. Hasil analisis spektra FTIR diduga terdapat gugus –OH dari glukosa, C-O dari alkohol, C=O alifatik, C=C tak terkonjugasi dan gugus -CH, -CH2 dan CH3 yang diduga kuat milik saponin. Dari uji antimikroba ekstrak kasar saponin dari batang belimbing wuluh memberikan zona hambat terhadap biakan bakteri staphylococcus aureus pada konsentrasi 100 mg/mL sampai dengan 1000 mg/mL adalah sebagai berikut : 0; 0,4; 0,8; 1,3; 2,8; 3,8; 4,3; 5,8; 2,3; dan 4 (mm). Sedangkan zona hambat terhadap biakan bakteri escherichia coli adalah 0; 0; 0,5; 2,5; 2,5; 2,5; 2,75; 4,25; 5,5; dan 6,75 (mm) pada rentang konsentrasi yang sama. Eskstrak kasar saponin dari batang belimbing wuluh hasil penelitian ini, memiliki efektivitas antimikroba terhadap bakteri staphylococcus aureus maupun bakteri escherichia coli dalam kategori resisten, apabila dibandingkan dengan antibiotik standar.

Kata Kunci : Saponin, Antimikroba, Staphylococcus Aureus, Escherichia Coli, Kadar Hambat Minimum (KHM).

********************

Pengaruh Ekstrak Kasar Senyawa Alkaloid dari Daun Dewa (Gynura speudo-china) Terhadap Aktivitas Enzim Lipase

Nur Khilifah, Diana Candra Dewi, Elok Kamilah Hayati

ABSTRAK

Produksi enzim lipase dalam tubuh yang berlebih dapat menyebabkan obesitas yang menimbulkan berbagai penyakit, maka diperlukan suatu penghambat atau inhibitor untuk menghambat kerjanya atau aktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan bahan alam sebagai inhibitor enzim lipase alami. Allah telah menjelaskan di dalam al-Qur’an surat An-Nahl [26] ayat 11 bahwa segala apa yang ada di bumi untuk kemaslahatan manusia termasuk tumbuh-tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan. Penelitian ini ingin mengetahui bahwa daun dewa yang merupakan tumbuhan semak semusim mempunyai senyawaan yang dapat menghambat aktivitas enzim lipase. Ekstraksi bahan aktif ekstrak kasar daun dewa dilakukan dengan metode sokhlet menggunakan metanol, uji identifikasi kualitatif alkaloid dilakukan dengan menggunakan metode pemisahan KLT dengan pereaksi Dragendroff.
Produksi enzim lipase dikulturkan dari bakteri Bacillus subtilis, uji pengaruh ekstrak kasar daun dewa terhadap aktivitas enzim lipase dilakukan pada kondisi pH, waktu inkubasi dan konsentrasi substrat optimum dengan metode titrasi asam basa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ekstrak daun dewa 3,84355 gram dari 60 gram sampel. Di dalam daun dewa terdapat senyawa alkaloid dengan munculnya spot berwarna jingga dengan Rf 0,77. Kondisi optimum aktivitas enzim lipase pada pH 7, waktu inkubasi menit ke-8 dan konsentrasi substrat pada konsentrasi 2,5 %. Konsentrasi ekstrak kasar daun dewa optimum dalam menghambat aktivitas enzim lipase adalah 60 mg/10 ml (aq) dengan aktivitas 1,25 (mol/ml.menit).

Kata kunci: Daun dewa, alkaloid, enzim lipase, inhibitor

1 Comment

  1. Dina riris said,

    May 22, 2012 at 5:18 pm

    maaf sebelumnya mbak, nama saya dina riris hardianti, sya mahasiswa di polkekkes semarang semestr akhir, sekarang sya sedang melakukan penelitian tentang belimbing wuluh, judul penelitan sya “pengaruh perbedaan konsentrasi larutan belimbing wuluh terhadap daya hambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus”
    sya membutuhkan banyak referensi tentang belimbing wuluh..
    apakah mbak elok bisa membantu saya,,,,
    terimaksh…

    tolong hubungi sya di Assalamualaikumcabi@yahoo.co.id.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: